Selasa, 3 Juli 2012, 17:15
SEJARAH TERBENTUKNYA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI PAPUA BARAT

Diawali dengan pertemuan di Hotel Muspagco Jayapura yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama prov. Papua M. Mayor, A.Ma, Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Kanwil departemen Agama Prov. Papua, Kepala Kantor Departemen Agama dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Departemen Agama se Prov. Papua.

Dari hasil pertemuan tersebut muncullah rumusan dan kesepakatan bersama untuk mengajukan permohonan pembentukan Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Papua Barat, sebagai Instansi Pemerintah pendukung eksistensi Prov. Papua Barat (dulu Irian Jaya barat), dan sebagai usaha untuk meningkatkan pelayanan kemasyarakatan dibidang keagamaan khususnya di wilayah Prov. Irian jaya Barat. Menindak lanjuti pertemuan di Muspagco tersebut, maka dikeluarkanlah surat Rekomendasi Gubernur Irian Jaya Barat yang merupakan jawaban atas Surat Bersama yag ditanda tangani oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama prov. Papua beserta Pejabat Eselon III dan IV dilingkunga Kantor Departemen Agama se Papua di hotel Muspagco Jayapura pada tanggal 04 Mei 2005. Perjalanan pembentukan Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Irian Jaya Barat berjalan cukup baik, terbukti dengan respon positif dari departemen Agama RI yaitu dengan terbitnya Peraturan Menteri Agama Nomor 28 Tahun 2005 Tentang Pembentukan Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Irian Jaya Barat.

Dalam PMA dijelaskan bahwa yang harus dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Irian Jaya Barat adalah melaksanakan tugas pokok dan fungsi Departemen Agama dalam wilayah Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Agama dan Peraturan perundang-undangan Tahun 2007 Kantor Wilayah Departemen Agama Irian Jaya Barat yang membawahi 8 (delapan) Kabupaten dan 1 (satu) Kota Satuan Kerja Departemen Agama Kab/Kota,dan 8 (delapan) Satuan Kerja Madrasah . Selanjutnya berdasarkan Surat keputusan Menteri Agama Nomor : B.II/3/1424/2006 tanggal 09 November 2006 mengangkat Agustinus Marselinus Manobi, SH sebagai Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Irian Jaya Barat yang pertama dan secara resmi dilantik oleh Gubernur Irian Jaya Barat Abraham O. Atururi atas nama Menteri Agama RI pada tanggal 02 Desember 2006 di Hotel Mutiara Sanggeng Manokwari.

 

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.014495 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 78610
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.